Kunci Jawaban Bahasa Jawa Kelas 9 Halaman 12

 Kunci Jawaban Bahasa Jawa Kelas 9 Halaman 12

Hai sobat, kembali lagi sama ane. Pada pertemuan hari ini ane akan memeberikan informasi tentang Kunci Jawaban kelas 9.

dan untuk soal nya berada pada buku paket kelas 9 halaman 12 contoh nya seperti ini.



Diatas adalah soal yang harus kalian isi bukan. Nah untung nya saya punya jawaban nya meskipun tidak dijanjikan bahwa semuanya benar tapi saya yakin bahwa jawaban yang saya berikan itu bermanfaat bagi kalian Semoga, dan agar tidak berlama lagi langsung ke topik utamaya saja ya.

*Jawaban*

Gladhen:

 Gawea ukara ngaggo basa ngoko, banjur owahana dadi basa krama lugu lan krama alus.

Basa Ngoko
• Ibu wes mangan
• Adek rampung adus
• Bapak lunga menyang surabaya
• Pakdhe tuku koran
• Budhe tuku sega
• Jupukna buku
• Tuku gula
• Mulih menyang omah 
• Mangan sega
• Ombe kopi
• Turu sore
• Adus banyu adem
• Tuku menyang pasar
• Nyele klambi
• Tuku iwak
• Tuku uyah
• Tuku saiki
• Rambut ireng

Basa Krama Lugu
• Ibu sampun nedha
• Adi bibar adus
• Bapak kesah dateng Suroboyo
• Pakde tumbas koran 
• Bude tumbas sekul 
• Pendetaken buku 
• Tumbas Gendis 
• Wangsul dateng griya
• Nedha sekul
• Ombe kopi 
• Tilem sonten 
• Adus toya asrep 
• Tumbas datang Peken 
• Nyambut rasukan 
• Tumbas ulam
• Tumbas sarem 
• Tumbas sepuniko 
• Rambut Cemeng

Basa Krama Alus
• Ibu sampun dahar 
• Adik bibar siram 
• Bapak tindak datang Surabaya 
• pakdhe mundut koran
• Bude mundut sekul 
• Pundutaken buku 
• Mundut gendis 
• Wangsul kondur dateng dalem
• Dahar sekul
• Unjuk kopi
• Sare sonten 
• Siram Toyota asrep 
• Mundut dateng peken 
• Ngampil ageman 
• Mundut ulam
• Mundut sarem 
• Mundut samenika 
• Rikma Cemeng

Mungkin itusaja yang bisa saya sampaikan dan bila ada saran atau kritik bisa berkomentar, saya pamit dan sampai jumpa ke pertemuan berikutnya.

Matur Nuwun

Komentar

Post Popular

MINECRAFT

Cara menghitung Transistor pnp atau npn

Komponen-Komponen elektronik dan Simbol